Customer Handing Bisnis Pada Bidang Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi
Penulis: Danie Enggar
Prasetyo
Pengertian Proses Bisnis
Menurut Putu Arya Proses bisnis merupakan rangkaian aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan. Umumnya berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan.
Lalu Menurut Monk Proses Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang menerima satu atau lebih masukkan (input) dan menghasilkan keluaran (output) yang bernilai bagi pelanggan.
Alasan proses
bisnis di bidang Teknik jaringan komputer dan Telekomunikasi.
Menurut Abdumar, Beberapa alasan proses dibidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah sebagai berikut:
1.
Mempermudah
cara berkomunikasi
Salah satu contoh alasan
bisnis pada bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah
mempermudah cara komunikasi, contohnya adalah email sebagai sarana utama
berkomunikasi antara satu orang dengan yang lainnya.
Melalui internet, kita hanya
membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata kita.
Semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh mengenai bisnis, maka semakin
berkembang pula bisnis yang sedang kita kelola. Selain itu kita dapat dengan
mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor kita. Semakin
banyak pengetahuan yang kita peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang
sedang kita kelola.
Zaman dulu dan
sekarang sangatlah berbeda, dulu deretan lemari arsip yang berisikan
dokumen-dokumen misalnya sebuah perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan
lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi
digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung
tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka.
Menyimpan data hanya
menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Sistem Informasi Manajemen memungkinkan
perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera
bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan
produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
5.
Customer
Relationship Management
Perusahaan menggunakan
TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap
pelanggan. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi
call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia
pesan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam
sistem CRM.
6.
Aktivitas
Bisnis Selama 24 Jam
Seiring dengan
berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memanfaatkan
kemajuan tersebut. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana
ada banyak persaingan untuk dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa bersaing
di dalamnya.
Jenis Proses Bisnis
Menurut Populix, Beberapa Jenis Proses Bisnis adalah sebagai berikut:
A.
Proses
Operasional
Proses operasional merupakan proses primer atau awal dalam memulai bisnis di bidang TJKT. Proses ini terdiri atas tiga tahapan yakni pembuatan produk, pemasaran produk, dan layanan pelanggan yang ditawarkan.
B.
Proses
Dukungan
Proses bisnis di bidang TJKT yang kedua adalah proses pendukung alias sekunder. Proses sekunder ini merupakan proses yang mendukung operasional sehari-hari sebuah instansi perusahaan atau organisasi untuk melakukan proses bisnis. Proses dukungan secara sederhana berguna memastikan bisnis akan terus berjalan
C. Proses Management
Proses manajemen adalah aktivitas pengaturan tata kelola bisnis,
operasi, dan perancangan strategi dengan cara menetapkan standar bagi
operasional maupun fungsi-fungsi pendukung. Selain itu, proses manajemen juga
berfungsi untuk melakukan pengawasan, pemantauan, dan pengendalian pelaksanaan
operasional serta kinerja divisi pendukung.
Karateristik Proses Bisnis
Menurut Populix, beberapa Karateristik Proses Bisnis adalah sebagai berikut:
1. Definitif:
Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
2. Urutan:
Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan
ruang.
3. Pelanggan:
Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
4. Nilai
tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah
pada penerima.
5. Keterkaitan:
Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu
struktur organisasi.
6. Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi
Manfaat Proses Bisnis
Menurut Populix, beberapa Manfaat Proses Bisnis adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Efisiensi.
2. Meminimalisasi Tingkat Risiko dan Pengeluaran.
3. Fokus pada Kebutuhan Pelanggan.
4.
5.
6. Memperbaiki Kesalahan Kerja dan Human Error.
Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi
Menurut Sasanadigital, Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi adalah sebagai berikut:
Untuk contoh dari proses bisnis utama, antara lain adalah proses manufaktur, pemasaran, periklanan, dan penjualan. Sedangkan untuk proses bisnis pendukung adalah accounting, rekrutmen karyawan, pusat bantuan dan lain-lain. Dan untuk contoh proses bisnis manajemen adalah manajemen strategis.
DAFTAR PUSAKA
https://www.abdumar.com/2022/07/proses-bisnis-dibidang-teknik-jaringan.html. Diakses pada 19 September 2023 Pada Pukul 10.44.
https://info.populix.co/articles/proses-bisnis/ Diakses pada 19 September 2023 Pada Pukul 10.44
https://sasanadigital.com/contoh-proses-bisnis/ Diakses pada 19 September 2023 Pada Pukul 10.44
Komentar
Posting Komentar