Penulis: Danie Enggar Prasetyo
Pengertian Kebutuhan Konsumen
Menurut Mega Yonna, Kebutuhan Konsumen adalah Setiap orang pemakai barang dan/ atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan
Menurut Qiscus, Kebutuhan Konsumen didefinisikan sebagai faktor yang mempengaruhi dan yang memicu mereka agar membeli produk atau layanan bisnis.
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Kebutuhan Konsumen adalah keinginan seseorang terhadap suatu produk yang diinginkan.
Alasan Melakukan Analisa Kebutuhan Pelanggan
Menurut Hendra Gunawan, Analisis Kebutuhan Pelanggan sangat penting untuk kebutuhan bisnis, Sehingga dapat mengembangkan beberapa strategi bisnis yang tepat sasaran, sehingga memungkinkan perusahaan menjadi lebih terukur dan efektif.
Menurut Wahyup, Analisa Kebutuhan Pelanggan adalah sebagai berikut:
1. Pelaku Bisnis dapat menentukan ataupun menciptakan produk maupun jasa yang sesuai
2. Kita akan mendapatkan motivasi, yang bertujuan untuk memproduksi barang maupun jasa
3. Fokus untuk meningkatkan kualitas barang maupun jasa yang kita siapkan untuk pelanggan/konsumen dengan kualitas yang baik sehingga pelanggan/konsumen lebih percaya dengan produk kita
Jenis-Jenis Kebutuhan Pelanggan/Konsumen
Menurut Felix Christian, Jenis-Jenis Kebutuhan Pelanggan/Konsumen adalah sebagai berikut:
1. Kebutuhan yang Diutarakan oleh Pelanggan/Konsumen, ketika pelanggan terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan
2. Kebutuhan Rahasia atau Secret Needs, ketika pelanggan ingin dipandang sebagai konsumen yang cerdas dan berorientasi nilai.
3. Kebutuhan yang tidak Pelanggan Utarakan, pelayanan yang baik dari perusahaan yang meliputi semua hal, misalnya saat pelanggan henak memilih produk, melakukan transaksi, hingga saat pelanggan melakukan komplain
4. Kebutuhan Delight atau Kegembiraaan, pelanggan tentu akan sangat gembira saat mendapatkan reward atau hadiah dari perusahaan saat melakukan pembelian barang maupun jasa.
5. Kebutuhan yang Nyata Adanya, ketika pelanggan membutuhkan suatu produk, misalnya handpohone dengan harga yang murah dan berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan memberikan informasi detail tentang pilihan handphone murah sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.
Tujuan Analisis Kebutuhan Konsumen
Menurut Zahira, Tujuan Analisis Kebutuhan Konsumen adalah sebagai berikut:
1. Menciptakan produk atau jasa yang sesuai
2. Memberikan motivasi berbisnis
3. Mmebantu menciptakan brand
4. Mendorong untuk mengutamakan kualitas produk
5. Membantu dalam menyusun strategi pemasaran
Manfaat Analisis Kebutuhan Konsumen
Menurut Fina Pratiwi, Manfaat Analisis Kebutuhan Konsumen adalah sebagai berikut:
1. Menciptakan produk yang relevan dan lebih berkualitas
2. Memberikan motivasi dalam berbisnis
3. Kebutuhan konsumen bisa meningkatkan branding
4. Menentukan strategi pemasaran
5. Mengoptimalkan persediaan yang dimiliki
DAFTAR PUSAKA
https://www.qiscus.com/id/blog/konsumen/ Diakses pada 27 September 2023 pada pukul 11.22
Komentar
Posting Komentar